Seminar Kewirausahaan "Berani Membangun Usaha DI Usia Muda"

13 Desember 2021 | Berita Kampus

Dalam rangka menyongsong Mahasiswa Emas salah satunya dengan meningkatkan jumlah Pengusaha di Indonesia. Dewasa Ini, kita di Hadapkan pada kenyataan bahwa jumlah Wirausaha di Indonesia masih minim, sehingga pembangunan kewirausahaan merupakan persoalan mendesak bagi suksesnya pembangunan ekonomi dinegara ini. Khususnya untuk kebanyakan kalangan Pemuda dan Pemudi di Indonesia. Paradigma yang terbangun di kalangan Pemuda dan Pemudi saat ini yaitu keinginan mendapatkan uang dalam jangka waktu yang cepat dan disertai dengan nilai yang tinggi sehingga mereka berusaha mencari pekerjaan yang diinginkan tanpa mengindahkan dan menggali potensi-potensi dalam diri mereka dengan menciptakan salah satu hal yang baru yang memang selain dapat bermanfaat bagi diri sendiri namun juga bermanfaat bagi orang lain.


Untuk menghadapi persaingan yang semakin kompleks dan persaingan ekonomi global maka kreativitas menjadi sangat penting untuk menciptakan keunggulan kompetitif dunia. Bisnis merupakan sumber daya manusia kreatif dan inovatif sering terjadi orang yang tidak berpendidikan tinggi berhasil dalam berwirausaha namun yang berpendidikan dan berwawasan luas diharapkan lebih bisa kreatif dan inovatif.

Sebagai wujud antisipasi generasi muda muda Indonesia khususnya mahasiswa akademi tata boga Bandung, BEM Akademi tata boga Bandung mengadakan seminar kewirausahaan dengan tema "Berani Membangun Usaha Di Usia Muda" pada hari sabtu 4 Desember 2021. Seminar ini merupakan suatu kegiatan yang bersifat edukatif untuk menambah wawasan mahasiswa ataupun mahasiswi dalam berwirausaha, tata cara berwirausaha, apa yang harus dilakukan ketika membuka usaha, dan bagaimana mengembangkan usaha itu menjadi lebih dikenal oleh masyarakat.

Peserta seminar dapat menyampaikan Pertanyaan langsung dengan narasumber dan bagi peserta yang sudah memulai berwirausaha dapat bagi permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam berwirausaha titik acara seminar berlangsung pada pukul 09.00 S/d 1200 dan bertempat di Auditorium Akademi Tata Boga Bandung.  Kegiatan Seminar ini dihadiri oleh Dosen dan Mahasiswa Akademi Tata Boga Bandung, serta 5 Mahasiswa dari ITB . Dengan jumlah peserta 129 orang.

Narasumber yang mengisi acara Seminar ini adalah Onwer dari Burger Chill "Dzaki dan Naufal" seseorang yang kembar dan berwirausaha dari sejak SMA hingga sekarang.
Mengenai paparan yang telah Dzaki dan Naufal sampaikan saat kegiatan seminar berlangsung, begitu sangat berkesan, mempunyai daya karismatik tersendiri saat menyampaikan materi, dalam paparannya Dzaki dan Naufal menyampaikan pesan kepada ada generasi muda calon pelaku usaha untuk selalu optimis dalam berwirausaha.

Dari penjelasan Dzaki dan Naufal bahwa mereka mengajak kita untuk selalu berpikir positif, karena pola pikir kita mempengaruhi sejauh mana kita berhasil, selain itu juga mengajak kita selalu memperluas dan memperbaiki dalam berwirausaha.“ Cintai apa yang kita kerjakan, dan harus mengerjakan apa yang kita cintai” Dzaki dan Naufal.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah masyarakat yang terbesar ke 4 di dunia setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat. Bila kita mau mawas diri dan merenungi Diri kita, Siapakah kita?, Apakah itu hidup? Pasti kita akan menemukan semacam pencerahan mengenai diri kita dan untuk apa kita di kehidupan ini. Mari optimis tingkatkan potensi diri kita, tetap percaya diri dan jangan lupa berdoa.



@akademitatabogabandung @ATBexplore


BEM AKADEMI TATA BOGA BANDUNG
Sabtu, 04 Desember 2021