Ketika Lupa Membaca Bismillah Saat Makan

25 Maret 2021 | Artikel

Dalam Islam makan dan minum bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan jasmani saja, tetapi bisa juga menjadi sumber pahala jika dilandasi dengan niat karena Allah dan mengikuti contoh dari Rosulullah SAW. Ketika hendak makan Rosulullah SAW selalu berdoa dengan menyebut nama Allah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah serta mengharapkan adanya keberkahan ketika makan. Lantas bagaimana jika seseorang lupa membaca bismillah saat makan ?

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaah awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.” (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858)

Hadist diatas menjelaskan bahwa, jika seseorang lupa membaca bismallah ketika hendak makan dan baru mengingatnya di pertengahan atau dipenghujung makan maka ucapkanlah “bismillah awwalahu wa akhirohu” atau dalam hadist lain “bismillah fii awwalihi wa aakhirihi“. Semoga aktivitas makan kita selalu menjadi sumber pahala. Aamiin.

 

Aam Nurhakim

Berita terkait

Artikel

Menetapkan Standard Control System
08 Oktober 2021

Berita Kampus

Wisuda XV Akademi Tata Boga Bandung 2019
03 Desember 2019