Student Experiences Rezki Juliannur

15 Maret 2020 | Sosial Media

Halo #atbfuturechef Student Experiences minggu ini kita kenalan sama Rezki Juliannur @rezkijuliannur mahasiswa program D3 konsentrasi Culinary arts ini baru ajah ngeberesin 6 bulan PKL di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Rezki mau cerita nih tentang pengalamannya selama PKL, yu pantengin terus IG @akademitatabogabandung ya guys

Hai guys! Gue Rezki, ya anak rantau dari pulau seberang😁, sekarang mungkin pertamanya kali gue PKL dan Jogja pun menjadi pilihan gue, Hotel Royal Ambarrukmo namanya, merupakan hotel ternama di Yogyakarta, orang sih pada heran dan bertanya "kenapa sih milih PKL jauh banget?", ya gue jawab ya pengen beda dan ngerasin suasana baru aja selain Bandung. Hari pertama gue PKL mungkin agak sedikit pusing, bingung mau ngapain, setelah seminggu kemudian gue mulai paham alur PKL di hotel meskipun kadang salah, PKL juga ngerubah kebiasaan gue, semua jadi harus teratur, mulai dari bangun sampe istirahat harus bener diatur kalo gak ya kadang bisa bikin kita kelelahan, ngantuk.

Gue seneng sih waktu ada event catering di Keraton, Candi Prambanan. Gue suka diminta untuk bantu set menu untuk tamu ternama, kadang tamu dari luar negri dan pejabat pemerintahan. Kegiatan gue shift pagi ya biasanya jaga breakfast bikin mie lamien, prepare a la carte dan juga prepare breakfast untuk besoknya, kalo sore nih kadang aga males soalnya kalo belum hafal a la carte kadang bisa di omelin😭😭😭. 

Berjalanya waktu ya kita dapat kepercayaan dari staff di sana, kadang di suruh goyangin nasi dan mie goreng, pokonya a la carte di ajarin semua, kalo shift malem nih biasanya santai, masuknya jam 23:00 sih tapi kalo kerjanya ya paling sampai jam 1:00. Tapi kalo ada room service yang mesen mau gak mau ya harus bikin a la carte 😁 tengah malem. Jam 03:30 gue udah langsung masak nasi buat breakfast, bantu staff lain siapin breakfas, dan set up breakfast. Pulangnya sih paling cepat jam 7 kalo kondisi rame ya jam 8 lah agak ngaret.

Hampir 5 bulan setengah telah berlalu gak kerasa PKL gue bentar lagi selesai, ya perasaan bercampur aduk sih ada senangnya dan ada sedihnya. Senengnya ya telah lepas aja beban PKL, sedihnya perpisahan dengan temen baru seperjuangan selama 6 bulan itu. Cape, emosi, tapi kesan terakhirnya berat untuk meninggalkan hotel karna sudah terlalu nyaman di sana😭. Mau gak mau tugas telah selesai, ya gua harus pulang ke Bandung melanjutkan kuliah gue.

Buat kalian pastikan buat paham banget basic yang diajarin selama di kampus jadi gak kaget waktu kita masuk dunia culinary, kaya pengetahuan bahan makanan, peralatan, dan cooking methods. ya sangat berguna di dunia perhotelan.

Saran gue sih kalo mau PKL, cari tempat yang menurut kalian bakal cocok di sana, kalo kalian udah di terima. Ya terima aja konsekuensinya dan nikmatin aja karna itu pilihan kalian. Selama PKL juga kita harus disiplin dan mendengarkan ucapan Chef, harus mengikuti prosedur di sana. Intinya nikmatin aja dan jangan adu argumen sama Chef dan staff. Lihat dan amati semua seperti a la carte, juga praktekan jam kosong dengan bikin a la carte. Mungkin itu aja sih cerita dari gue tentang perjalanan PKL. See you Yogyakarta.

Berita terkait

Berita Kampus

Kelas Special Akademi Tata Boga Bandung
28 Januari 2020

Artikel

Bumbu Dasar Masakan Indonesia 1
22 Oktober 2021