Student Experience Desyani Winarti 

08 Maret 2020 | Sosial Media

Halo #atbfuturechef kenalan yuk sama Desyani Winarti @dsynw , mahasiswa tua 🤣 atau tingkat akhir ini baru aja pulang dan menyelesaikan kegiatan PKL (praktek kerja lapangan) di Hotel Grand Tjokro Bandung. Mahasiswa ATB Bandung bukan hanya desyani aja yang di hotel tersebut tapi ada juga lathifah dan fitriyani. Kali ini Desyani mau cerita ke kalian tentang pengalamanya saat PKL kmarin yuk pantengin thread ini.

Halo guys kemarin aku pkl di Hotel Grand Tjokro Bandung selama 6 bulan di pastry departement. selama disana aku dikasih jadwal secara sistem 5 hari kerja 1 hari libur. dan dibagi dua shift kerja, morning shift dari jam 6 pagi sampai jam 2 siang dan afternoon shift dari jam 2 siang sampai jam 10 malam.

Kalau aku masuk morning shift, kegiatan aku tergantung dari bagian dimana aku incharge, karena sistemnya dibagi oleh HOD (head of departement) atau chef pastry nya, seperti incharge breakfast dari jam 6 pagi di stall pancake/waffle, churros, jajanan pasar, roti bakar, dan runner 1&2. jadi kita sudah ditentukan akan incharge dimana dan bertanggung jawab mengerjakan yang sudah ditentukan dijadwal. sampai waktu breakfast selesai yaitu jam 10 utk hari senin-kamis dan jam setengah 11 utk hari jumat-minggu. kemudian kita closing dan membereskan condiment2 dan bahan serta merefill yang sudah habis dan diisi untuk breakfast besok harinya.

Terkadang aku dapat morning shift yang incharge di pastry kitchen yang dimana aku dan yg lain mengerjakan segala kebutuhan coffee break seperti cake, jajanan pasar, atau makanan lainnya sesuai menu yang ditentukan untuk grup meeting yang hari itu sedang meeting dihotel.

Sedangkan untuk afternoon shift aku lebih mengerjakan produksi makanan untuk kebutuhan besok hari, seperti membuat adonan pancake, waffle, jajanan pasar untuk besok breakfast, dan kondimen lainnya. dan juga mengerjakan finishing macam-macam cake untuk coffee break dihari besok sesuai dengan jumlah yg diminta.

Hotel Grand Tjokro juga ada event Food Festival yang secara rutin dilaksanakan pada jumat malam dan sabtu malam yang biasanya dimulai dari jam 5 sore-10 malam. biasanya aku di pastry menyiapkan semua kebutuhan makanan di acara food fest itu dari kemarin hari dan pagi nya jika kebagian incharge di belakang. makanan yang biasa aku siapkan yaitu, assorted puding, mousse, assorted cake, ice selection, aneka pastry, chocolate fountain, aneka martabak, roti bakar dan masih banyak lagi produk savory dari kitchen seperti aneka bbq, soto ayam, mie tarik, cuanki, salad dan masih banyak lagi.

Aku rasakan selama menjalani pkl dan dengan apa yang aku jalani di kampus itu ada plus minusnya, secara ilmu aku sama2 mendapatkan ilmu yang banyak dan berguna dari keduanya, namun di tempat pkl aku lebih merasakan mentalku yang di asah, karena di industri/hotel aku lebih banyak bertemu dengan orang yang berbeda dari segi pegalaman serta karakter orang dalam bekerja yang berbeda pula dan juga usia yang kebanyakan lebih diatasku, jadi aku harus bisa cepat beradaptasi dan cepat belajar. Dari cara bekerja juga aku dilatih untuk menyelesaikan apapun harus cepat dan gesit.

Selama pkl di Hotel Grand Tjokro, aku senang bisa banyak bertemu orang-orang baru, teman baru, tempat baru, resep baru dan merasa rindu sekarang. Hahaha rindu akan suasana sibuknya bekerja dan membuat banyak produk yang tidak biasa kita buat, walaupun kadang aku juga ngerasa cape tapi kan wajar ya hehe. Secara sikap yang harus kita miliki selama kita pkl yaitu harus sopan yang pasti, menjaga sikap dan ucapan, bertanggung jawab atas apa yg udah kita kerjakan, harus cepat beradaptasi sama orang sekitar, tempat2 yang penting spt tempat2 bahan, alat dll nya.

Pesanku buat adik kelasku atau adik yang baru mau masuk kuliah di ATB selalu jaga sikap dan perkataan dimanapun kita berada, jangan nyerah belajar dan cari tau apa yg belum kita tau untuk mengasah kemampuan kita, serta yakin akan usaha yg kita lakukan karena usaha tidak akan mengkhianati hasil, yang utama harus selalu semangaat apapun keadaannya