Saat Orang Tua Telah Tiada

15 Oktober 2021 | Artikel

SAAT ORANGTUA TELAH TIADA

 

Perpisahan yang paling berat adalah berpisah dengan orangtua yang wafat dan kembali kepada Allah SWT. Sebagai manusia biasa tentu kita akan merasa sedih, berduka dan kehilangan. Namun inilah takdir Allah, tidak ada yang abadi di dunia ini, cepat atau lambat kitapun akan dipisahkan dengan kematian karena sesungguhnya semua milik Allah dan akan kembali kepada Allah SWT.

Lantas apakah kita masih bisa berbakti kepada kedua orangtua yang telah tiada ?

Dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As-Sa’idi, ia berkata,

بَيْنَا نَحْنُ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا جَاءَهُ رَجُلٌ مِنْ بَنِى سَلِمَةَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ بَقِىَ مِنْ بِرِّ أَبَوَىَّ شَىْءٌ أَبَرُّهُمَا بِهِ بَعْدَ مَوْتِهِمَا قَالَ « نَعَمِ الصَّلاَةُ عَلَيْهِمَا وَالاِسْتِغْفَارُ لَهُمَا وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا مِنْ بَعْدِهِمَا وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِى لاَ تُوصَلُ إِلاَّ بِهِمَا وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا ».

“Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika itu ada datang seseorang dari Bani Salimah, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orang tuaku ketika mereka telah meninggal dunia?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya (masih tetap ada bentuk berbakti pada keduanya,). (Bentuknya adalah) mendo’akan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orang tua yang tidak pernah terjalin dan memuliakan teman dekat keduanya.” (HR. Abu Daud no. 5142 dan Ibnu Majah no. 3664).

Hadist ini menjelaskan bahwa kita masih bisa terus berbakti dan berbuat baik kepada kedua orangtua walaupun mereka telah wafat, yaitu :

  1. Dengan selalu mendoakan keduanya
  2. Meminta ampunan untuk keduanya
  3. Memenuhi janji mereka setelah mereka tiada
  4. Tetap menjalin hubungan silaturahim dengan keluarga keduanya
  5. Memuliakan teman dekat keduanya

Semoga kita selalu menjadi anak yang sholeh yang senantiasa berbakti kepada kedua orangtua kita sampai akhir hayat. Aamiin.

 

Aam Nurhakim

Akademi Tata Boga Bandung