Akademi Tata Boga Bandung Membuka Dapur Umum Untuk Korban Gempa CIanjur

06 Desember 2022 | Berita Kampus

Akademi Tata Boga Bandung (ATB Bandung) menyalurkan bantuan ke penyintas terdampak gempa di Cianjur. Tidak sendirian, Akademi Tata Boga Bandung berkolaborasi bersama BEM ATB Bandung, DPP IKABOGA Indonesia, IKABOGA DPD Jawa Barat, PPJI Jawa Barat, PPJI DIY, dan Rumah Makan Ponyo Cimacan. Bantuan disalurkan ke Desa Nagrak, Desa Padaluyu, dan Desa Cibulakan, 2-4 Desember 2022. Penyaluran berupa 1800 nasi box, peralatan kebersihan, makanan bayi, peralatan bayi, sembako, dan karpet langsung dibagikan oleh Direktur Akademi Tata Boga Bandung Dr. Diah Banyuni, S.Sos., M.pd beserta jajaran dan Ketua DPP IKABOGA Indonesia  Dr. Ayat Taufik Arevin serta jajaran.

Dengan bantuan 17 anggota BEM Akademi Tata Boga Bandung, membuka dapur umum yang bertempat di Rumah Makan Ponyo Cimacan. Dr. Diah Banyuni, S.Sos., M.pd mengatakan bahwa bantuan ini akan terus berlanjut beberapa waktu kedepan. Program ini juga merupakan pengabdian kepada masyarakat dimana kami melibatkan industri yaitu IKABOGA dan PPJI sebagai Asosiasi pengusaha di bidang kuliner untuk berkolaborasi bahu membahu untuk rehabilitasi pasca bencana. Juga sebagai gambaran pengalaman untuk mahasiswa kami (BEM Akademi Tata Boga Bandung) bagaimana mendirikan dapur umum di tengah bencana.

Gempa Bumi berkekuatan 5.6 magnitud di Cianjur pada 21 November 2022 sangat berdampak pada banyak aspek, baik kerusakan bangunan, pendidikan, mata pencaharian, akses perjalanan, DLL. Akademi Tata Boga Bandung bersama dengan BEM ATB Bandung, DPP IKABOGA, IKABOGA DPD Jawa Barat, PPJI Jawa Barat, PPJI DIY, dan Rumah Makan Ponyo Cimacan, turut ambil peran dalam pemulihan pasca gempa di Cianjur.