Pengertian Sanitasi Dan Hygiene

20 Agustus 2021 | Artikel

PENGERTIAN SANITASI DAN HYGIENE

Hygiene dan sanitasi berasal dari bahasa Yunani yaitu “sehat dan bersih”, dan bila diterjemahkan lebih luas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa “Kita bisa sehat dikarenakan kita selalu bersih.

Pengertian Hygiene:

  1. Menurut Brownell

Hygiene adalah bagaimana caranya orang memelihara dan melindungi kesehatan.

  1. Menurut Gosh

Hygiene adalah suatu ilmu kesehatan yang mencakup seluruh faktor yang mendorong adanya kehidupan yang sehat baik peroranga maupun melalui masyarakat.

  1. Menurut Prescott

Hygiene menyangkut dua aspek, yaitu : yang menyangkut individu (Personal Hygiene) dan yang menyangkut lingkungan (Environment)

          Pengertian Sanitasi:

  1. Menurut Dr. Azrul Azwar, MPH

Sanitasi adalah cara pengawasan masyarakat yang menitik beratkan kepada pengawasan terhadap berbagai faktor lingkungan yang mungkin mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.

  1. Menurut Ehler & Steel

Sanitation is the prevention of diseases by eliminating or controlling the environmental factor which from links in the chain of transmission.

  1. Menurut Hopkins

Sanitasi adalah cara pengawasan terhadap faktor-faktor lingkungan yang mempunyai pengaruh terhadap lingkungan.

Dari beberapa pengertian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa Sanitasi adalah usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia, sedangkan Hygiene adalah usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha kesehatan individu, maupun usaha kesehatan pribadi hidup manusia. Jadi dalam hal ini sanitasi ditujukan kepada lingkungannya, sedangkan hygiene ditujukan kepada orangnya.

 

Elis Rumini