Pandungan Pemotongan Daging (Beef Cuts)

11 November 2019 | Artikel

halo #atbfuturechef Setidaknya ada 3 panduan pemotongan daging yang dikenal secara internasional, yaitu British Beef Cuts, US Beef Cuts dan Netherland Beef Cuts. Supermarket yang berbeda bisa saja menjual bentuk potongan yang berbeda juga, tergantung dari negara mana supermarket tersebut mengimpor daging sapinya. Namun, secara umum Indonesia telah mengadaptasi cara pemotongan daging ala US.

Chuck (sampil)
Merupakan bagian daging yang diambil dari leher hingga bahu sapi. Warna dagingnya merah pekat, memiliki banyak serabut otot yang melintang namun sedikit lemak

Fore shank (paha depan)
Diambil dari bagian atas paha depan sapi. Bentuk potongannya biasanya segi empat dengan ketebalan 2-3 cm. Bagian ini biasa digunakan untuk membuat adonan bakso.

Rib (iga)
Bagian yang berasal dari sekitar tulang iga. Memiliki rasa yang khas karena daging ini dimasak bersama dengan tulang iganya sehingga kaldu yang dihasilkan memiliki aroma yang lezat.

Short loin
Dikenal juga dengan sebutan striploin. Potongan ini menempel dengan bagian iga dan bagian tenderloin serta sirloin. Merupakan bagian sisi berdaging dari bagian T-Bone.

Tenderloin (has dalam)
Merupakan potongan daging yang memiliki tekstur paling empuk dan sedikit lemak. Dalam bahasa Prancis bagian ini dikenal dengan nama Filet Mignon.

Sirloin (has luar)
Seperti has dalam, potongan daging bagian sirloin juga favorit diolah menjadi steak sirloin, yakiniku, sukiyaki atau shabu-shabu. Daging ini memiliki lapisan otot pada sisi luarnya, seratnya lebih kasar dari tenderloin, sehingga tesksturnya agak lebih keras.