HOW TO SHARPEN YOUR KNIFE

31 Agustus 2023 | Artikel

Pisau menjadi alat penting bagi chef, kegiatan memasak sebagian besar tentunya menggunakan pisau. Bahkan teknik memasak memerlukan jenis pisau yang berbeda-beda, salah satu contohnya jenis pisau chef’s knife. Jenis pisau ini merupakan jenis pisau yang paling sering digunakan kerena dapat memotong berbagai jenis bahan makanan, mulai dari daging, buah dan sayuran. 

Memastikan ketajaman pisau sangatlah penting, sehingga penting untuk mengetahui bagaimana cara mengasah pisau agar pisau tetap tajam. Pisau tumpul memiliki resiko terjadinya kecelakaan saat bekerja karena dapat tergelincir dan meleset saat memotong bahan masakan. Berikut merupakan beberapa cara untuk mengasah pisau agar tetap tajam:

  1. Menggunakan batu asahan 

Point penting saat mengasah pisau dengan batu asahan, pastikan pisau dalam keadaan basah dan gunakan tatakan pada batu asahan. Untuk menghindari batu asahan bergeser saat digunakan.

  1. Pengasah pisau listrik 

Pengasah ini menjadi yang paling mudah digunakan, karena tidak memerlukan tenaga saat mengasah pisau. Cukup menyalakan mesin, pegang pisau dengan posisi yang aman, tidak perlu di tekan karena mesin akan bekerja secara otomatis. 

  1. Penajam pisau manual

Bentuknya tidak beda jauh dengan penajam pisau listrik, namun versi manual. Di mana kita perlu memasukan pisau ke celah yang berbentuk V, kemudian tekan dan Tarik. 

  1. Mengasah dengan baja pengasah

Untuk menggunakan alat pengasah ini diperlukan keterampilan, karena jika saat pengasahan teknik yang digunakan tidak presisi dapat membuat mata pisau menjadi tumpul bukan menjadi tajam. Sejatinya alat ini tidak bisa mengubah bentuk mata pisau, sehingga secara teknis tidak membuatnya menjadi tajam. Namun bisa merapikan mata pisau yang nantinya membuat potongan menjadi akurat dan tajam. 

Merawat peralatan memasak sangat penting, karena berkaitan dengan performa chef dalam memasakak. 

Fun fact setiap mahasiswa Akademi Tata Boga Bandung akan difasilitasi perlengkapan Profesional chef knife set. Yang didalamnya sudah tersedia semua jenis pisau lengkap juga dengan baja pengasah. Hal ini untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan setiap Mahasiswa demi kelancaran perkuliahan. 

 

(Asih S.N)


#akademitatabogabandung
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Follow our campus social media:
IG: @akademitataboga
FB: Akademi Tata Boga Bandung
YT: Akademi Tata Boga Bandung
Tiktok: Akademi Tata Boga Bandung
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
For more information about ATB:
atb-bandung.ac.id
Jl. Raya Cinunuk No. 186 Bandung
ATB Hotline:
WA : +62811-2009-186
Telp: 022-7830286, 022-63724471

Berita terkait

Sosial Media

Made By Student Intan Permatasari
02 April 2020

Berita Kampus

Kelas Special Akademi Tata Boga Bandung
28 Januari 2020