Akademi Tata Boga Bandung Kembali Dipilih Menjadi Pendamping Program SMK-PK yang Diselenggarakan Oleh KEMENDIKBUD

10 November 2022 | Berita Kampus

Dalam rangka menungkatkan kinerja siswa SMK dalam menghadapi tantangan dunia kerja dan industri terbarukan, Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud tahun 2022 menyelenggarakan program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK). 

Program SMK Pusat Keunggulan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja, menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Diharapkan dengan program ini menjadi pusat peningkatan kualitas bagi SMK lain.

Perguruan tinggi yang ada di Indonesia juga turut terlibat didalam program ini. Akademi Tata Boga Bandung salah satu perguruan tinggi yang berfokus pada pendidikan keahliah tata boga, ditunjuk untuk menjadi mitra pendamping dalam program SMK-PK di sebelas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yaitu SMKS Taruna Terpadu 2 Bogor, SMKS Wirakarya 2 Ciparay, SMK IT Daarul Abror, SMKN 1 Indramayu, SMKN 2 Cirebon, SMKS Bina Wisata Lembang, SMKN 9 Bandung, SMKN 3 Sukabumi, SMK Muhammadiyah 3 Palembang, SMKN 3 Bandar Lampung, dan SMKN 1 Metro.

Akademi Tata Boga Bandung mengirimkan perwakilan dosen guna dapat membantu menyelesaikan permasalahan mitra SMK yang sedang dihadapi, seperti kurikulum, teaching factory, evaluasi, dan pemecahan permasalahan. Kegiatan pendampingan program SMK-PK berjalan sejak bulan Juli 2022.

Pendampingan yang diberlakukan memiliki tujuan untuk membantu SMK untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan tujuan dari program SMK Pusat Keunggulan, membantu dalam analisa kekuatan dan kelemahan, dan juga pengembangan potensi sumber daya manusia atau yang lain yang berada di SMK Pusat Keunggulan. Pendampingan ini juga diharapkan bisa membantu dalam mencapai tujuan Program SMK Pusat Keunggulan dan membantu dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kegiatan yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan program SMK Pusat Keunggulan.