Akademi Tata Boga Bandung Laksanakan FGD Pendampingan SMK PK Di SMK Negeri 9 Bandung

01 Desember 2022 | Berita Kampus

Akademi Tata Boga Bandung melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Penguatan Karakter Berbasis Mindset Change" yang diikuti oleh SMK PK Binaan Akademi Tata Boga Bandu yang diantaranya SMKS Taruna Terpadu 2 Bogor, SMKS Wirakarya 2 Ciparay, SMK IT Daarul Abror, SMKN 1 Indramayu, SMKN 2 Cirebon, SMKS Bina Wisata Lembang, SMKN 9 Bandung, SMKN 3 Sukabumi, SMK Muhammadiyah 3 Palembang, SMKN 3 Bandar Lampung, dan SMKN 1 Metro, Bertempat di Aula SMK Negeri 9 Bandung, Jumat (18/11/2022).

Tema "Penguatan Karakter Berbasis Mindset Change" ini disampaikan oleh narasumber Wikan Sakarinto, ST, M.Sc., Ph.D. yang sudah tidak diragukan kiprahnya di dunia pendidikan vokasi, dimana sebelumnya belai merupakan Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia jua pernah menjabat sebagai Dekan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Dalam materinya disampaikan bahwa inovasi dalam dunia SMK perlu dibarengi dengan perubahan mindset pengajar. Dengan berkembangnya teknologi siswa SMK bukan hanya harus terampil secara skill, namun harus terbiasa dengan sebuah kegiatan produksi yang repetitif. Disampaikan juga dengan demikian peran institusi SMK dan Guru diharuskan merubah pemikiran yang berorientasi bukan hanya mengajar namun juga dapat menghadirkan pendidikan yang nyata seperti layaknya di industri melalui pendekatan project maupun teaching factory dengan kolaborasi antara SMK dengan Industri.

"Dengan diselenggarakan FGD ini dengan mendatangkan narasumber yang luar biasa. Mudah-mudahan dapat memberikan pencerahan kepada kita semua baik itu SMK PK maupun Akademi Tata Boga Bandung sendiri sebagai pendamping" ujar Dr. Diah Banyuni, S.Sos., M.pd selaku Direktur ATB Bandung

Berita terkait

Sosial Media

Dukung Amalia RM Di V-Factor 2021
30 Juli 2021